Mesin Percetakan: Offset vs Digital

Ada berbagai macam jenis mesin percetakan; di antaranya adalah mesin cetak offset dan digital. Apakah yang membedakan keduanya?

Mesin Percetakan

mesin-percetakan-digital-printing-Mutoh-VJ-1304
Contoh mesin percetakan digital printing Mutoh VJ-1304

Mesin percetakan offset menggunakan suatu teknik pencetakan di mana citra (gambar atau tulisan) yang akan diperbanyak mula-mula dicetak di atas lembaran film, lalu dipindahkan ke atas plat cetak, kemudian dicetak di pada permukaan media cetak. Warna-warna yang tercetak didapatkan dari beberapa pelat offset yang ditimpa sekaligus di atas media cetak.

Teknik cetak seperti ini biasanya dipergunakan oleh perusahaan percetakan besar untuk melakukan pencetakan brosur, buku, majalah, koran dan sejenisnya.Hal ini disebabkan karena teknik percetakan offset menggunakan plat cetak yang harus dibuat terlebih dahulu, sehingga bila jumlah yang dicetak tidak banyak maka biaya produksinya menjadi tidak ekonomis.

Contoh mesin cetak offset adalah Gestetner, Heidelberg dan Roland

Sementara itu percetakan digital adalah teknik pencetakan yang menggunakan citra yang dibuat dengan computer, lalu dicetak dengan cara menyemprotkan tinta ke atas permukaaan media cetak (kertas, kain, kanvas plastic). Warna-warna yang tercetak didapatkan dari pencampuran 4 warna dasar tinta (CMYK) atau 6 warna dasar tinta (CMYKOG) yang terdapat pada mesin percetakan yang kemudian disemprotkan pada titik-titik pencetakan. Teknik pencetakan seperti ini tidak memerlukan pembuatan plat cetak terlebih dahulu, sehingga pencetakan 1 lembar media cetak saja sudah cukup ekonomis.

Mesin percetakan seperti ini bisa dipergunakan oleh perusahaan percetakan ukuran menengah ke bawah, dan biasanya dipergunakan untuk mencetak spanduk, baliho, sticker, dsb. Mesin cetak dengan teknologi digital biasanya tidak digunakan untuk mencetak buku karena bila dibandingkan dengan mesin cetak offset, mesin cetak digital memerlukan biaya yang lebih tinggi untuk konsumsi tinta.

Selain perbedaan cara kerja dan fungsi alat, harga kedua jenis mesin cetak tersebut juga berbeda. Harga printer digital printing biasanya lebih murah daripada harga mesin cetak offset.

Social tagging: